Tantangan utama anak muda usia 20an di zaman milenial ini adalah bagaimana mereka mengatur pemasukan dan pengeluaran uang mereka. Sering sekali pengeluaran cenderung lebih besar daripada pemasukan. Oleh karena itu tidak jarang orang pada akhirnya menggunakan tabungan sebagai tambahan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka. Untuk itu kita harus punya perencanaan keuangan.

Kita harus meminimalisir pengeluaran dan menyisihkan sebagian uang untuk ditabung di bank. Namun ternyata menabung belum cukup efektif. Orang cenderung menabung dibandingkan investasi. Padahal kalau aset yang kita punya kita investasikan hasilnya bisa berlipat ganda.

Menabung dan investasi itu adalah dua hal yang berbeda. Sebaiknya kita pahami dulu perbedaan antara menabung dan investasi supaya kita dapat memanage uang dengan baik.

Menabung adalah proses menyimpan sejumlah uang di tempat tertentu untuk kebutuhan yang tidak terduga di masa depan. Uang hasil tabungan contoh menabung uang di bank bisa kita cairkan kapan pun.
Misalnya kamu mau berencana membeli sepeda motor bulan depan. Secara berkala kamu akan menabung di bank dengan jumlah dana tertentu sesuai dengan harga sepeda motor yang akan kamu beli.
Menabung di bank memiliki resiko yang rendah dengan bunga yang rendah dibandingkan investasi. Jika kamu mengharapkan uang kamu bisa berkembang lebih besar daripada jumlah bunga tabungan di bank atau deposito sebaiknya kamu mengalihkan sebagian uangmu untuk investasi.

Investasi adalah proses mengembangkan uang yang ada menjadi lebih tinggi tanpa ada batasan seiring dengan inflasi. Kamu bisa mengatur keuntungan yang kamu inginkan dengan memilih instrumen investasi sesuai dengan resiko yang bisa ditanggung.
Beda dengan investasi, uang yang kamu tabung di bank tidak akan berkembang cepat. Investasi adalah jalur terbaik dan efisien untuk mempercepat perkembangan uang. Namun walaupun investasi jauh lebih cepat dalam melipatgandakan uang, kamu tetap harus punya perencanaan keuangan yang baik. Jangan sampai uangmu habis karena melalukan investasi tanpa perencanaan yang matang.

Mengapa harus berinvestasi ?

1. Untuk menambah sumber penghasilan.
2. Untuk mewujudkan tujuan keuangan.
3. Menjadikan uang produktif dan berkembang.
4. Memperkecil risiko terlilit utang.
5. Persiapan cadangan untuk dana pensiun.
6. Persiapan untuk kehidupan berumah tangga.

Berinvestasi merupakan cara untuk mengamankan kondisi keuangan di masa depan selain menabung. Dengan investasi, nilai aset akan berkembang seiring dengan naiknya inflasi. Akan tetapi, untuk memilih instrumen investasi, ada baiknya mengecek profil resiko terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *